Cara ini bisa menurunkan berat badanmu!

Menurunkan berat badan mungkin sebagian besar dikaitkan dengan diet ketat.. Sebenarnya itu hal yang salah karena jika yang ditempuh adalah diet ketat malah yang ada menyiksa batin sendiri 😀, terbiasa dengan makanan ini itu & tiba-tiba harus dengan porsi yang mini.. Saya akan bagi pengalaman saya ketika saya berhasil menurunkan BB dari 65kg menjadi 49kg, perlu diingat saya disini tidak menggunakan produk pelangsing apapun karena saya hanya menerapkan pola hidup sehat & bonusnya bisa jadi langsing.. Cuss langsung baca aja apa aja tipsnya 🙋

1. Atur Pola Makan

Pola makan menjadi faktor utama saat kamu memutuskan untuk diet. Sebaiknya kurangi makanan instan (terutama mi instan), makanan yang mengandung lemak, makanan yang digoreng, minuman instan (minuman yang mengandung gula pengganti). Lebih baik kita mengolah bahan makanan kita sendiri jadi lebih tau takaran pemberian gula & garam agar tidak berlebih ketika masuk ke tubuh kita. Yang paling penting jika memulai makan perbanyak makan sayur dan buah.. Untuk perbandingan saat makan bisa 2 sayur : 1 nasi : 1 protein hewani : 1 protein nabati. Lebih baik lagi kita mengkonsumsi buah saat sebelum makan besar / ketika perut kosong karena buah mengandung gula dan membutuhkan waktu untuk mencerna. Nah, jika kita makan buah setelah makan nasi, butuh waktu yang panjang untuk mencernanya.  

2. Berolahraga

Setelah kita mengatur pola makan faktor kedua yang menunjang kesuksesan menurunkan BB adalah berolahraga. Usahakan berolahraga 30 menit di pagi hari agar otot-otot tubuh tidak kaku & kita sendiri lebih fresh dalan menjalankan aktifitas sehari-hari. Manfaat lainnya: Menambah Kebugaran dan Energi Tubuh dan Meningkatkan Imunitas.


3. Pola tidur

Yang terakhir ini Faktor inti juga adalah atur pola tidurmu. Semakin teratur pola tidurmu Insya Allah semakin berkualitas pola hidup. Jangan terlalu sering begadang jika tidak ada hal yang mendesak, inget kata-kata bang Rhoma “begadang jangan begadang jalau tiada artinya” 😁

Ini adalah 3 tips dari saya untuk menurunkan BB.. Ehhh kelupaan ada satu hal yang ga kalah penting yaitu “niat” ☺.

Semoga tips-tips saya bermanfaat untuk bro & sist. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya bro sist.. Jangan lupa follow bro sist 😀

Advertisements

Hai, namaku Melody Aprilia Savitri (biasa dipanggil Mel..). Aku anak pertama dari 2 bersaudara, adikku laki-laki, kami terpaut usia 4 tahun. Dari kecil aku terbilang tomboy karena aku terlahir dilingkungan tentara, yaapp papaku seorang TNI-AL yang berdinas di kesatuan POMAL, aku & adikku terbiasa dengan kedisiplinan yang tinggi, teman-temanku juga sebagian besar adalah anak “kolong”. Lahir dilingkungan tentara bukan hal yang mudah. Singkat cerita, karena lingkunganku adalah tentara maka sebagian besar identik dengan cita-cita sebagai tentara (penerus orang tua) atau dibidang kesehatan. Aku sendiri sebenarnya ingin bercita-cita sebagai dokter, setelah lulus SMP aku ikut tes di SMK Farmasi sesuai keinginan orang tua. Namun aku gagal karena nilai tes kimiaku saat itu sangat jelek, maklum saat SMP aku belum dapat pelajaran kimia jadi ya asal aja aku jawabnya padahal saat itu jika jawaban salah nilainya dikurangi 5 poin untuk 1 pertanyaan. Jujur antara senang & sedih melihat pengumuman seleksi saat itu, karena terpancar kekecewaan dari orang tua yang saat itu menemaniku.

“Kamu jangan sedih. Nanti kita cari sekolah swasta aja” ucap mama yang berdiri disebelahku sambil merangkulku.

Iya terpaksa kita harus cari sekolah swasta karena penerimaan siswa baru di SMA negeri sudah tutup.

Papa menawariku sekolah di SMA Hang Tuah 1, itu adalah sekolah dari yayasan Angkatan Laut. Pikirku dari namanya saja berbau Angkatan Laut pasti horor nih disiplinnya. Keesokan harinya orang tua langsung mengajakku daftar di SMA Hang Tuah 1, kesan pertama yang aku tangkap adalah sekolahannya bener2 asri banget, lapangan upacaranya luas dengan bentangan rumput hijau yang tertata, pohon-pohon rindang berjejer rapi mengelilingi samping-samping lapangan upacara, pokoknya bersih banget. Ternyata realitanya lebih indah dari pemikiranku sebelumnya & fix aku mau banget sekolah disini, kalian harus tau begitu menginjakkan kaki di sekolah ini aku langsung bilang dalam hati “Aku harus berprestasi disini”.

Sudah 1 tahun lebih aku bersekolah disini, emang ya bukan hoax lagi kalau masa2 SMA itu masa yang paling indah. Masa dimana kita mengenal cinta, mengenal persahabatan yang tulus, mengeksplor diri ke yang lebih baik lagi. Saat naik kelas 2 SMA aku menempati kelas 2 Ipa 1, katanya sih kelas 2 ipa 1 & 2 ipa 5 itu kelas favorit (tau kan yak favorit??).. cuma yang aku tau saat itu kelas 2 ipa 1 adalah kelas bhineka tunggal ika, kenapa aku bisa bilang begitu?, karena di kelas ini kami berasal dari berbagai macam suku, ras & agama. Aku senang bisa mengenal teman-temanku yang berbeda agama & suku, kita bisa belajar toleransi disini.

“Hei Mel, kenalin ini ayu” Lia menepuk pundakku & mengenalkan salah satu siswi perempuan di kelas itu. Jujur aku tipe siswi yang paling pendiam saat itu di kelas.

“Hey, aku Melody” aku menjabat tangan ayu yang membalasku dengan senyum.

“Kamu duduk dibangku mana?” Tanyaku

“Itu disebelah bangkunya Lia” ayu menunjuk bangku yang ditempatinya. Kita disini duduknya 1 bangku/siswa jadi bukan yang bangku buat 2 siswa.

“Kamu tetep lanjut di jurusan ini?”

“Iya yu aku lanjut. Emang bisa ya pindah-pindah gitu?”

“Hmm.. kayaknya sih bisa mel. Tuh si risti ngajuin pindah jurusan ke bu Rima wali kelas kita katanya ga kuat dia di jurusan ipa” timpal Lia

“Tapi katanya sih cuma dikasih waktu 3 hari aja buat pindah” ujar Ayu

“Oh gitu ya. Oh ya nanti ke kantin bareng yuk” ajakku ke Lia & Ayu

“Okee” sahut Lia & Ayu barengan, disertai tawa mereka.

Di kelas 2 ipa 1 aku mulai menemukan sahabat, Lia (aku kenal dengannya sejak kelas 1 SMA, aku sekelas dengan dia), Ayu (teman Lia), & Christin (temanku sejak SMP). Kita selalu belajar bareng, saat ulangan pun kita QnA bareng2 di jam sebelum masuk kelas, dulu karena belum ada WA & sosmed lainnya jadi kita komunikasi pelajaran lewat tlp rumah / sms (kalau sms ini paling sering, beli pulsa sms 5rb udah bisa sms sampai tangan keriting..hahahah).. ohhh ya for information, kita kalau ulangan ga pernah nyontek karena kita berempat memang duduk di bangku depan sendiri berhadapan dengan bangku guru, jadi kalau ada soal yang sulitnya ampun-ampunan yaa sebisa mungkin kita mengarang indah jawabannya.. hihihi..

Tapi pelajaran yang paling disukai anak-anak ipa adalah sejarah & seni musik. Kok ada sejarah?, dulu ada pelajaran sejarah di kelas ipa cuma untuk pembahasan sejarahnya gak sedetail anak-anak kelas sosial. Bagi kita 2 pelajaran itu adalah pelajaran hiburan.

“Anak-anak, Pak Aris ingin membuat kelompok seni musik. 1 kelompok terdiri dari 6-7 anak. Disini kalian bisa mengarang lagu dengan alat musik gitar, piano atau lainnya. Nanti ditampilkam di depan & akan ada penilaiannya” ujar Pak Aris guru seni musik. Aku, Lia, Ayu & Christin sempat saling pandang, bengong ga tau mesti gimana karena kita ga ada yang bisa main alat musik kecuali piano mainan..hehehe.

Pak Aris membebaskan kita memilih anggota kelompok & kebetulan kita kelompok terakhir yang menyerahkan daftar nama kelompok, dalam kelompok itu ada aku, ayu, lia, christin, indah & rani.

“Ehh kelompok kita kan cewe smua nih, trs siapa yang bisa main alat musik?” Ucapku

“Weiitss iya ya.. gimana dong nih?. Cb deh tanya pak aris” ayu menimpali dengan ekspresi bingung

Aku, ayu & lia mencoba rundingan dengan pak aris, sebenarnya bukan rundingan sih lebih tepatnya nawar..hihihi

“Guys pak aris kasih kita keringanan nih, salah satu caranya kita pinjem salah satu anak dari kelompok lain yang bisa main alat musik buat bantuin kelompok kita” terangku ke anggota kelompokku yang duduk melingkar.

“Siapa ya?.. Tian?”

“Ahh kamu chris bisa aja.. mau pdkt ya kamu” celetuk ayu sambil diiringi tawa yang lain

“Yee ga lhaa.. dia kan emang jago main gitar”

“Ehhhmm.. wira?”ucap rani

Ayu, christin, lia, indah seketika mengangguk tanda setuju dengan usulan rani. Hanya aku yang terdiam & sekilas melihat wira, bukannya gak percaya sih tapi apa emang bisa si wira main alat musik kan wira tipe cowok pendiem di kelas.. gak kayak si erik yang emang pinter main gitar, dari stylenya yang keren juga mendukung kalau erik emang jago musik.. yaa, dulu saat pertama kali aku masuk kelas 2 ipa 1 cowok yang aku taksir ya si erik ini. Aku suka banget cowok yang bisa main gitar, gak tau kenapa bawaannya romantis banget. Erik emang lumayan sering bawa gitarnya ke sekolah karena sepulang sekolah dia selalu latihan band dengan teman-temannya. Pernah sih aku coba pdkt dengan erik tapi kata temannya dia sudah punya pacar, jadi ya sudaahhh lha aku kubur rasa itu dalam-dalam… skiiipp soal erik, sekarang balik ke kelompok seni musik.

“Mel, ntar kamu bilang wira ya soal kita minta bantuan dia nanti. Aku sungkan mau bilang soalnya gak seberapa dekat sama dia juga sih” ucap ayu yang dibarengi anggukan teman-teman yang lain.

Aku cuma bengong clingak clinguk *knapa mesti aku??.. emang aku juga kenal dekat gitu dengan wira.. kalau gak karena nilai ahhh males juga*

Setelah jam pulang sekolah aku buru-buru menghampiri wira yang masih membereskan buku-bukunya di atas meja, dia terlihat memberi isyarat kepada sahabat-sahabatnya (angga, tian, arif) agar duluan ke tempat parkir s.motor.

“Hei wir.. sibuk?” Tegurku

“Ga kok” dia terlihat cuek

“Ehh gini wir.. aku mau minta tolong bisa?”

“Minta tolong apa ya?” Wira sekilas menatapku

“Aku minta tolong ke kamu buat bantuin kelompok seni musikku. Jadi di kelompokku gak ada yang bisa main alat musik, aku tadi sudah rundingan sama pak aris juga masalah ini.”

“Ehhm.. oke deh. Kapan latihan?”

“Terserah kamu bisanya kapan?, soalnya kamu kan yang bisa alat musik”

“Aku sih bisa kapan aja. Terserah kalian”

“Lusa pagi bisa?”

“Bisa. Ntar kabari aku aja tempatnya dimana” wira menenteng tasnya lalu beranjak pergi

Dalam hati sih agak jengkel ya baru kali ini ngobrol sama cowok yang sok keren. Pantesan teman-teman yang lain gak mau ngomong ke wira langsung.. hasshh sebel…

Aku berjalan sendiri menuju jalan raya depan sekolah untuk menunggu angkot kebetulan teman-teman yang lain sudah pulang & sebagia masih di kantin sekolah, dari kejauhan terlihat wira menghapiriku.. *duh ngapain ya nih anak*

“Hei mel.. mau bareng?” Wira tepat berhenti di depanku dengan mengendarai s.motor 4 taknya

Saat itu aku bengong, bingung jadi satu. Gak salah nih wira nawarin?, ada angin apa coba dia nawari bareng.

“Ehhh gak deh wir makasih. Aku nunggu angkot aja. Lagian kita kan pulangnya ga searah”

“Aku mau ke rumah saudaraku jadi ya lewat arah jalan rumahmu”

*hah wira kok tau aku tinggal dimana*

“Ga usah wir ntar malah ngrepotin”

“Gak apa2 mel”

“Udah kamu duluan aja wir gak apa-apa” aku sedikit mengusirnya karena emang aku malu kalau ada teman yang melihat, bisa-bisa jadi gosip sekelas. Akhirnya Wira melajukan s.motorny meninggalkanku

Yuk Intip Arti Warna Favoritmu Berdasarkan Psikologi!

Pernahkah kamu mengira bahwa warna yang menjadi favoritmu memiliki arti di dalam ilmu Psikologi?.. Saya jadi ingat ketika saya menjadi anggota majas (majalah sekolah) SMA saya pernah membuat artikel tentang arti warna ini, kenapa saya tertarik membahas ini lagi? Karena saya yakin setiap orang yang memiliki warna favorit itu melambangkan kepribadiannya.. Masih belum percaya?.. Okee kita baca sama-sama yuk..

1. PUTIH 

👉 warna ini akan memberikan pengertian tentang keaslian, kemurnian, kesucian, kepolosan, dan kebersihan. Secara psikologis, putih bisa memberikan efek meredakan rasa nyeri, steril, menghadirkan aura kebebasan dan keterbukaan. 

2. COKLAT 

👉 Selalu identik dengan stabilitas. Warna yang menjadi simbol warna Bumi ini atau biasa juga bersanding dengan warna hijau sebagai warna alam, memberikan kehangatan, dukungan, rasa nyaman, dan rasa aman. Selain itu kesan sederhana sering muncul pada penggunaan warna ini. Coklat sering mengesankan kondisi matang atau tua, sehingga bisa menimbulkan kesan dapat diandalkan, elegan, akrab dan kuat.

3. MERAH 

👉 Bersemangat, enerjik, dinamis, komunikatif, aktif, kegembiraan, dan mewah. Itulah beberapa sifat yang tergambar dengan penggunaan warna merah. Merah juga sering kali dimaknai cinta, kekuatan, percaya diri, dramatis, panas, perjuangan, dan berani. Khusus untuk warna merah terang, warna ini bisa menggambarkan kerasnya cita-cita atau keinginan.

4. BIRU

👉 Ketenangan, kepercayaan, keyakinan, keseriusan, dan professional menjadi gambaran yang nampak dari penggunaan warna biru, hal ini membuatnya menjadi salah satu warna yang sering kali dikaitkan dengan dunia bisnis. Biru adalah warna langit yang mampu memberikan kesan stabil. Secara umum, biru akan diasosiasikan dengan Kecerdasan, komunikasi, kepercayaan, efisiensi, ketenangan, tugas, logika, kesejukan, protektif, refleksi, kooperatif, integritas, dan sensitif.

5. UNGU

👉 Warna yang sering bermakna magis, terasa memancarkan aura spiritualitas, misterius, menarik perhatian, memancarkan kekuatan, meningkatkan daya imajinasi, sensitivitas dan obsesif. Arti yang dapat dimunculkan dari penggunaan warna ini adalah ambisius, martabat, kebenaran, kualitas, independen, kebijaksanaan, kesadaran, visioner, orisinalitas, kekayaan, dan kemewahan.

6. KUNING

👉 warna yang ceria, melukiskan kegembiraan, suasana penuh suka cita, berenergi, dan antusiasme. Secara alami kuning mampu memberikan efek psikologi berupa kegembiraan, kegembiraan yang ditimbulkan warna ini sendiri adalah yang paling besar jika dibandingkan dengan warna lainnya. Warna ini juga mampu menarik perhatian, meskipun tidak sebesar warna merah. Childish atau kekanak-kanakan adalah pelambangan berikutnya yang sesuai dengan warna ini. Warna ini mampu memancarkan kehangatan, memberi inspirasi, mendorong pengekspresian diri, dan kemampuan intelektual.

7. ABU-ABU

👉 warna yang menggambarkan keseriusan, kemandirian, dan keluasan. Warna abu-abu yang merupakan salah satu warna alam ini cenderung memiliki pemaknaan abstrak, atau tidak menyatakan tujuan dengan jelas. Namun, penggunaan warna ini akan memberikan keyakinan bahwa pengguna warna dapat diandalkan dan memiliki sifat stabil. Secara umum, abu-abu bermakna netral, tidak memihak.

8. HIJAU

👉 salah satu warna alam, sehingga membuatnya selalu nampak bersahabat dengan alam. Memancarkan kesegaran, ketenangan, dan kesejukan. Warna ini mampu menurunkan stress, dan melambangkan penyembuhan atau kesehatan. Di sisi lain warna ini juga mendorong perasaan empati. Secara umum warna ini bisa diartikan sebagai keberuntungan, kehidupan, fertilitas, uang, harmoni, keseimbangan, cinta universal, istirahat, pemulihan, jaminan, kesadaran, lingkungan, keamanan, kedamaian, keinginan, ketabahan dan kekerasan hati.

9. ORANGE

👉 simbol interaksi yang bersahabat, penuh percaya diri, keramahan, penuh harapan, dan kreativitas. Warna orange yang merupakan gabungan antara merah dan kuning ialah warna yang kuat dan hangat, membuat penggunaan warna ini memberi rasa nyaman. Secara umum, penggunaan warna ini akan menampakkan makna berupa kenyamanan, kehangatan, keamanan, gairah, kelimpahan, dan kesenangan.

10. MERAH MUDA / PINK

👉 warna yang feminin, dalam kondisi normal warna ini hampir selalu berkaitan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Warna ini menampakkan sifat kelembutan, dan mampu menenangkan. Secara umum, merah muda bisa berarti cinta atau kasih sayang, romantisme, ketenangan fisik, memelihara, kehangatan, kewanitaan, simbol kelangsungan hidup manusia.

11. HITAM

👉 warna yang merepresentasikan kekuatan, percaya diri, glamor, keamanan, emosional, efisiensi, substansi, maskulin, keabadian, sifat dramatis, melindungi, kemisteriusan, klasik, dan kecanggihan. Meskipun sering nampak suram dan menakutkan, namun hitam dengan penggunaan yang tepat akan mampu menimbulkan kesan elegan.

Nahh itu dia sekilas penjelasan arti warna menurut psikologi, sebagian info arti warna ini saya kutip dari arti warna. Percaya ga percaya sih ketika kita mengenakan baju yang mengandung suatu warna dominan itu pasti mempengaruhi mood kita juga.. Ya ga sih??… 

Warna-warni kelahiran anak pertama

Berbicara tentang pengalaman melahirkan anak pertama bagi ibu-ibu muda pasti ga akan ada habisnya, karena setiap kehamilan memiliki riwayat sendiri-sendiri.. Saya pun juga begitu saat melahirkan anak pertama.. Saya akan mendongeng sedikit gimana rasanya melahirkan anak pertama yang selama ini momski & popski nantikan. Btw, jangan bosen untuk baca dongeng dari saya ya 😉

Saya menikah tahun 2013 saat usia saya 22th, namun saya baru diberi kepercayaan momongan oleh Allah tahun 2015.. Yaa, saya menunggu kehamilan anak pertama saya selama 1,5 th. Bukan hal mudah saya menunggu kehamilan, berbagai cara saya & suami sudah lakukan. Cibiran dari orang lain pun sudah sering menggema di telinga saya, sampai rasanya kebal nih telinga 😑, makanya saya mewanti-wanti diri saya sendiri agar tidak terlalu lancang bicara jika ada pasangan yang belum diberi momongan karena saya tau


 gimana perasaan mereka (suakittt men.. Gile lu ndro 😅). Hingga saya mencapai ujung rasa pasrah saya untuk hamil, ternyata Allah memberi rejeki anak tepat awal februari 2015..

Singkat cerita selama saya hamil memang tinggal dengan orang tua karena kondisi suami yang kerja di luar kota hingga saya melahirkan pun yang menjadi tim sorak hanya mama, papa & adek.. Sedih?, buangeeeettttt. Apalagi keinginan saya yang dari awal ingin melahirkan normal ternyata harus pupus karena ketika HPL si babyku belum ada tanda-tanda ingin say hay langsung ke emaknya 😥, dia masih betah di dalem perut. Padahal saat USG terakhir seminggu sebelum melahirkan si dokter obgyn udah bilang kalau air ketuban berkurang banyak karna rembes (bukan pecah lho ya), saya pun juga ga pernah merasakan yang namanya konpal. Akhirnya saya kontrol lagi 3 hari setelah USG terakhir karena saya panik si baby tidak seberapa aktif seperti biasanya. Saat di USG lagi ternyata DJJ (detak jantung janin) sudah melemah, hari itu juga dokter obgyn menyarankan saya untuk operasi secar. Keinginan melahirkan normal pun terpaksa saya urungkan karena saya hanya ingin melihat anak saya lahir dengan selamat & sehat. Hari itu juga saya urus segala administrasi dengan mama. Operasi berlangsung 1/2 jam..

Alhamdulillah operasi berjalan lancar meskipun sebelum operasi segala perasaan campur aduk, sempat nangis sih karena lihat orang-orang yang melahirkan ditemani suaminya masing-masing. Mama yang saat itu liat saya mewek ehh ikutan mewek sambil bilang “ga apa2, ga usah takut. Banyak do’a, baca sholawat. Mama disini temenin kamu. Papa sama adek perjalanan ke sini”. Disini saya tidak akan membahas sakit/tidak rasanya operasi secar karena beda kondisi ibu pasti beda menyikapinya. Intinya semakin kita pasrah kepada Allah semakin Allah memberi kita kekuatan, In sya Allah. Saat itu saya hanya ingin segera melihat anak saya lahir, ingin mendengar tangisan pertamanya. Segala rasa sakit perjuangan kita saat melahirkan semua terbayar lunas saat melihat anak kita lahir dengan sehat selamat.

Untuk popski wanna be jagalah momski yang telah mengandung buah hati kalian, karena sungguh luar biasa perjuangan ibu hamil saat mereka mengandung sampai melahirkan.. Ehh iya untuk para pops jangan lupa bantuin para moms setelah melahirkan 😃, bantuin urus rumah, gendong baby, ganti popok baby, dll. Karena setelah melahirkan moms butuh waktu untuk recovery tubuh mereka, apalagi moms ada tambahan tanggung jawab yaitu memberi ASI untuk baby.. Bikin moms bahagia ya pops supaya baby kalian juga happy.. 😍😘

Bingung persiapan untuk baby new born?

Haalloo momski & popski wanna be🙌.. Apa kalian bingung mempersiapkan awal kelahiran anak pertama?.. Bagi orang tua baru pasti sangat antusias dalam menyambut kelahiran anak pertama. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya kira-kira apa aja sih yang harus dibeli dan yang ga perlu dibeli. Karena jika kita ke baby shop pasti bakalan kalap mata apalagi si calon ibu bayi, waahhh otomatis lihat barang-barang bayi yang lucu-lucu bisa kebeli semua dehhh, akhirnya over budget 😀.. Nah Menghindari over budget momski & popski bisa anggarkan keperluan ini jauh-jauh hari, jadi uangnya juga bisa dipakai untuk momski perawatan pasca melahirkan deh, rileks2 cantik di salon biar tambah lancar memberi ASI untuk babynya..hehehe 😀

1.  PERLENGKAPAN BAJU BAYI

Dalam membeli baju-baju bayi sebaiknya perhatikan bahan baju bayi, pilih yang tidak panas & nyaman jika dipakai. Usahakan yang berkancing depan agar mudah saat dipakaikan. Baju bayi yang dibeli sebaiknya agak besar agar tidak cepat sempit karena mengingat pertumbuhan bayi sangat cepat. Ini dia list pembelian baju bayi new born:

  • 1 lusin atasan lengan pendek
  • 1/2 lusin atasan tanpa lengan
  • 1 lusin atasan lengan panjang
  • 1 lusin celana panjang
  • 1 lusin celana pendek
  • 1/2 lusin pasang kaos kaki
  • 3 topi bayi
  • 10 kain bedong
  • 1/2 lusin jumpsuit lengan pendek
  • 1/2 lusin bodysuit lengan panjang
  • 4 celemek / baby bips
  • 1 lusin kaos dalam/singlet
  • 6 pasang sarung tangan
  • 2 lusin popok bayi baru lahir
  • 2 jaket/pakaian hangat

2. PERLENGKAPAN MANDI BAYI

  • Bak mandi
  • Sabun dan shampo bayi. Sekarang ada sabun bayi yang top to toe wash sehingga bisa dibuat sabun sekaligus shampo. Pilihlah yang tidak pedih di mata dan dari bahan yang aman.
  • Diapers rash. Moms bisa oleskan diapers rash ini sebelum memakaikan diaper ke bayi agar terhindar dari ruam popok
  • Washlap
  • Baby oil. Baby oil ini bisa digunakan untuk memijat bayi atau membersihkan kerak yang ada di kepala bayi.
  • Handuk bayi. Sebaiknya pilihlah dari bahan yang lembut dan nyaman.
  • Minyak telon
  • Tisu basah
  • Perlak
  • Bedak bayi

3. PERLENGKAPAN TIDUR BAYI

  • Kasur / baby box (opsional)
  • Kelambu
  • Bantal peang
  • Guling bayi
  • Selimut
  • Alas tidur. Pilih yang tidak panas & bisa menyerap keringat.
  • Sprei yang tidak panas

4. PERLENGKAPAN BERPERGIAN

  • Baby bag
  • Gendongan bayi
  • Car seat (opsional.. Selama ini meskipun berpergian menggunakan mobil saya lebih senang memangku anak saya 😊)
  • Stroller (opsional. Jika tdk menggunakan stroller saat berpergian momski n popski bisa gantian menggendong si kecil ya.. ☺)

5. PERLENGKAPAN KESEHATAN BAYI

  • Termometer
  • Kasa steril
  • Sisir bayi
  • Kapas bulat (salah satunya merk medisoft)
  • Gunting kuku bayi
  • Sedotan ingus
  • Deterjen khusus bayi (saya pakai merk sleek)

6. PERLENGKAPAN MAKAN BAYI

  • Botol susu
  • Pompa asi 
  • Botol BKA / plastik asip
  • Sabun khusus cuci botol bayi dan sikat botol (ex: sleek)
  • Steam sterilizer
  • Container botol
  • Cooler bag
  • Ice gel 
  • Thermos (utk yang sufor)

Nah itu tadi yang momski & popski bisa list untuk daftar belanja perlengkapan si kecil.. Selanjutnya saya akan bahas perlengkapan yang dibutuhkan ibu setelah melahirkan yang dibawa saat melahirkan..

  1. Bra menyusui
  2. Breast pads (supaya asi ga rembes)
  3. Corset / gurita ibu setelah melahirkan
  4. Daster / baju yang berkancing depan (agar mudah saat menyusui)
  5. Pembalut khusus nifas
  6. Kain sarung
  7. Sisir, bedak, lipstik, parfum (meskipun lelah setelah melahirkan tetep harus terlihat fresh dong.. Kan banyak yg jengukin 😀)
  8. Perlengkapan mandi (bagi yang melahirkan normal biasanya besoknya bisa langsung mandi).

Sekian pengalaman yang saya bagikan saat melahirkan anak pertama dan kedua. Semoga bermanfaat untuk momski & popski wanna be.. Silahkan di checklist lagi persiapan yang akan dibawa saat melahirkan nanti. Jangan lupa juga persiapkan buku kontrol serta semua persyaratan bpjs agar ketika si baby menunjukkan alarm ingin muncul ke dunia kalian para orang tua muda tidak terlalu panik. Persiapkan semuanya dalam 1 tas supaya tidak ada yang tertinggal.. 😊